Minggu, 11 September 2011

The Last Supper




Perjamuan Terakhir atau Perjamuan Malam atau kisah yang diberi tajuk Yesus makan Paskah dengan murid-muridNya oleh Lembaga Alkitab Indonesia adalah saat makan terakhir antara Yesus dan keduabelas rasul sebelum kematiannya. Peristiwa tersebut dituliskan di Matius 26:17-29, Markus 14:12-25, Lukas 22:7-38, dan Yohanes 13:1-38 (yang menuliskan tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya). Perjamuan terakhir telah menjadi subyek dari banyak lukisan, di antaranya yang paling terkenal oleh Leonardo da Vinci.

Yesus makan Paskah dengan murid-muridNya

Hari tersebut merupakan hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi, atau yang disebut Paskah Yahudi. Murid-murid Yesus lalu mempersiapkan perjamuan Paskah bagi Yesus. Pada saat makan, Yesus memberitahukan bahwa salah satu di antara mereka akan menyerahkan Yesus (kepada para pemuka agama yang membenci Yesus). Murid-murid Yesus yang tidak tahu siapa orang yang dimaksudkan merasa sedih mendengar hal tersebut.

Penetapan Perjamuan Malam

1 Korintus 11: 23-29: Yesus mengambil roti lalu mengucap syukur atasnya, sesudah itu Ia memecah-mecahkannya dan berkata: "Inilah tubuhKu, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!" Lalu ia mengambil cawan anggur dan berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darahKu; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!"

Yesus membasuh kaki murid-muridNya

Sesaat sebelum perjamuan, Yesus menaggalkan bajunya hingga terlihat cawatnya dan mengambil sehelai kain putih dan semangkuk air. Murid yang pertama kali dibasuh kakinya adalah Yohanes. Selama pembasuhan, Yesus juga membasuh kaki Yudas Iskariot. Setelah itu, Yesus memakai kembali pakaianNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar