Minggu, 11 September 2011

Japan


Japan

a. Letak, luas dan batas
1. Letak astronomis : 29o LU - 47o LU dan 128o BT – 146o BT
Letak geografis : terletak di wilayah Asia Timur yang terpisah dengan daratan Asia.
2. Luas : -+ 377.643 km2
3. Batas-batas wilayah :
- Sebelah utara : Pulau Sakatin (Rusia) dan Laut Okhotsk
- Sebelah selatan : Laut Cina Selatan
- Sebelah timur : Samudra Pasifik
- Sebelah barat : Laut Jepang dan Selat Korea
b. Bentuk Pemerintahan
Jepang merupakan Negara dengan system pemerintahan kekaisaran. Kepala negaranya disebut Kaisar dan kepala pemerintahanya adalah Perdana Menteri. Negara ini beribu kota di Tokyo yang terletak di Pulau Honshu.
c. Keadaan Alam
Negara Jepang merupakan Negara kepulauan yang mempunyai empat pulau utama, yaitu Hokkaido (Yesso), Honshu (Hondo), Shikoku dan Kyusu. Selain pulau-pulau tersebut masih terdapat -+ 3900 pulau lain. Wilayah Jepang dilalui oleh pegunungan Sirkum Pasifik, maka sebagian besar (71%) terdiri atas wilayah pegunungan yang bersufat vulkanis. Daerah dataran rendah di Jepang meliputi Dataran Rendah Kwanto di teluk Tokyo, Dataran Rendah Nobi di Teluk Tse dan Dataran Rendah Kinki/Kinai di Teluk Osaka serta Dataran Rendah Ishihari di Pulau Hokkaido. Gunung tertinggi di Jepang adalah Fujiyama (3.776 m).
d. Iklim
Sebagian besar Negara ini beriklim sedang dan sebagian kecil beriklim tropis. Waktu Matahari beredar ke utara (Juni - September) maka terjadi musim panas, karena itu wilayah pantai timur Negara Jepang dipengaruhi angin laut dari samudra Pasifik, sedangkan wilayah timur terjadi angin kering. Pada waktu matahari beredar di selatan (Oktober – Mei) bergerak angin dari wilayah Siberia yang dingin yang menimbulkan hujan salju di wilayah pantai barat, sedangkan wilayah pantai timur terjadi anign kering. Curah hujan tahunannya berkisar antara 1000 – 3000 mm dengan suhu rata – rata 23o C. Selain angin dari laut, wilayah pantai timur dipengaruhi arus panas yang dikenal Kurosyiwo, sehingga wilayah pantai timur kondisi udaranya hangat.
e. Keadaan penduduk
Penduduk Jepang termasuk ras Mongoloid dan penduduk aslinya adalah orang Ainu yang tinggal di pulau Hokkaido. Bahasa resminya bahasa Jepang. Agama yang dianut antara lain Shinto, Buddha dan Kristen.

f. Budaya
Jepang memiliki beberapa kebudayaan yabg bernilai tinggi, antara lain:
1. Olahraga tradisional yang disebut Sumo.
2. Seni merangkai bunga disebut Ikebana.
3. Seni mengerdilkan tanaman disebut Bonsai.
4. Seni minum the disebut Canoya.
5. Seni sandiwara disebut Jolouri.
6. Seni drama disebut Kabuki.
g. Perekonomian penduduk
1. Pertanian
Pertanian di Jepang dikerjakan secara intensif dan mekanis dengan sistim hidroponik. Hasilnya padi, jagung, kentang, kedelai, kacang, murbel, bit gula, tembakau,the, sutra dan gandum.
2. Perikanan
Perikanan di Jepang sangat maju, penangkapan ikan dengan menggunakan kapal dan alat-alat modern. Di samping itu perairan Jepang kaya akan ikan karena merupakan pertemuan arus panas (Kurosyiwo) dan arus dingin (Oyasyiwo) menyebabkan banyaknya plankton sebagai makanan ikan, Jenis ikan yang dihasilkan antara lain makarel, salmon, haring, paus, tuna, hiu dan rumput laut.
3. Perindustrian
Jepang merupakan Negara industry terbesar di Asia dan nomor 2 setelah Amerika Serikat. Kawasan industrinya terdapat di Keihin sekitar Teluk Tokyo, Hanshin sekitar Teluk Osaka, Chukyo di kota Nagoya dan Kitakyusu di bagian utara Pulau Kyusu. Hasil industrinya berupa besi, baja, mobil, tekstil, mesin-mesin, keramik dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar